• Pertanyaan Terbaru
  • Pertanyaan Populer

batu di ginjal dan pasir di saluran kemih

  • Ditanyakan oleh: keni
  • Kategori: Urologi

Hasil USG suami saya menunjukkan adanya batu kecil di ginjal dan butiran pasir di saluran kemih. Untuk saat ini dokter memberikan obat anti biotik dan enatin.
Saya ingin saran tindakan apa yang sebaiknya dilakukan untuk hal tersebut ? kami ingin pengobatan yang tuntas agar tidak terulang.

    Dokter RSMK Kemayoran
    Dokter Mitra Kemayoran

    Penyakit batu ginjal merupakan suatu kondisi terdapat batu di saluran kencing. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor antara lain, kurang minum, gangguan prostat dengan kesulitan berkemih, faktor keturunan dan lain sebagainya. Untuk mengatasi masalah batu ginjal, tergantung dari besarnya batu, jenis batu, lokasi batu oleh karena masing-masing kasus memiliki penanganan yang berbeda. Tidak ada yang dapat menjamin batu ginjal tersebut tidak akan pernah terjadi lagi, akan tetapi seseorang dengan riwayat batu ginjal perlu menyadari faktor-faktor resiko penyebab batu ginjal sehingga dapat menghindarkan setiap faktor tersebut (kecuali faktor yang tidak dapat diubah seperti keturunan). Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis urologi RS Mitra Kemayoran di bagian Jakarta Urologi Centre. Terima kasih

Pertanyaan lain