• Pertanyaan Terbaru
  • Pertanyaan Populer

Sakit pinggang bagian belakang

Pagi dokter, saya mau bertanya.
Beberapa hari ini saya mengalami sakit nyeri pada bagian pinggang bagian belakang sebelah kiri. Saya menduga ini berkaitan dengan ginjal. Karena saya sebelumnya juga mengalami sakit yang sama tetapi di sebelah kanan. Waktu itu diagnosa dokter adalah infeksi ginjal. Dalam periode itu, saya mengeluarkan kristal saat buang air kencing. Jadi kesimpulan saya, waktu itu sakit saya karena batu ginjal. Sehingga saya menduga, untuk kali ini saya juga mengalami hal yang sama.

Saya memang tergolong orang yang banyak duduk di depan komputer dengan frekuensi minum air putih yang kurang.

Gejala sakit saya adalah nyeri yang sangat sakit tetapi tidak terjadi sepanjang hari. Setelah saya berbaring nyeri itu hilang. Tetapi saat aktivitas yang agak berat nyeri itu datang lagi. Saya juga ngerasa nyeri waktu bangun tidur atau duduk terlalu lama.

Apakah saya kena batu ginjal atau ada kemungkinan sakit lain Dok. Terimakasih sebelumnya

    Dokter RSMK Kemayoran
    Dokter Mitra Kemayoran

    Terima kasih atas pertanyaan anda. Apabila anda mengeluarkan batu atau kristal atau pasir saat anda berkemih, hal tersebut kemungkinan besar batu ginjal. Ada gejala lain yang mungkin merupakan sakit batu ginjal diantaranya buang air kecil berdarah, nyeri yang bersifat hilang timbul, sakit karena tidak bisa buang air kecil dan lain sebagainya. Untuk kepastian adanya batu ginjal tersebut dapat dilakukan pemeriksaan radiologis/ultra sound (USG) serta pemeriksaan urine anda. Rasa sakit pada pinggang yang anda rasakan mungkin merupakan reffered pain dari sakit batu ginjal, dapat juga merupakan sakit pinggang (LBP), muscle spasm, gangguan tulang belakang dan lain sebagainya. Cobalah anda memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter spesialis urologi RS Mitra Kemayoran sehingga mendapatkan penanganan sesuai dengan penyakit yang anda rasakan. Kurang minum memang termasuk salah satu faktor resiko terjadinya batu ginjal. Untuk informasi mengenai dokter spesialis urologi kami, anda dapat menghubungi kami melalui pesawat 021-654 5555 Terima Kasih

Pertanyaan lain